Wawasan Kebangsaan

Wawasan Kebangsaan - Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki beragam suku, agama, dan ras. Meski begitu, Indonesia punya semboyan atau motto "Bhinneka Tunggal Ika" untuk mempersatukan semua keberagaman itu. Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda tetapi tetap satu jua. Meski ada keberagaman suku, agama, dan ras, tapi kita tetap hidup sebagai satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap nasional memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya, dan sejarah. Mereka umumnya dianggap memiliki asal usul keturunan yang sama. Atau bisa dikatakan, bangsa berarti kelompok manusia yang memiliki satu cita-cita yang sama.

Cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia sendiri sudah tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

Cita-cita bangsa Indonesia tercantum pada alinea berikut :
"Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur."

Sedangkan tujuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut :
1. Membentuk suatu pemerintahan Negara Republik Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
2. Memajukan kesejahteraan umum
3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
4. Ikut berperan aktif dan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Bangsa Indonesia tidak terbentuk begitu saja. Ada latar belakang di balik itu semua. Berawal dari zaman sebelum kemerdekaan, dimana perang kedaerahan berlangsung selama kurang lebih 300 tahun. Para tokoh dari masing-masing daerah memimpin peperangan melawan Belanda di daerahnya masing-masing, namun selalu berakhir kekalahan, dan tidak bisa merebut kebebasan Indonesia. Mengapa bisa demikian?

Perang kedaerahan yang dilakukan orang-orang zaman dahulu menunjukkan kurangnya nasionalisme. Tidak adanya kesadaran untuk bersatu membuat Indonesia dengan mudah dipukul mundur oleh penjajah. Namun semua berubah ketika perang kedaerahan berakhir.

20 Mei 1908
Tanggal ini adalah tanggal didirikannya Boedi Oetomo dan sampai saat ini diperingati sebagai hari kebangkitan nasional. Kebangkitan nasional merupakan masa dimana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli.

28 Oktober 1928
Tanggal ini adalah tanggal lahirnya Sumpah Pemuda yang merupakan tonggak sejarah kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

1 Juni 1945
Tanggal ini adalah tanggal lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

17 Agustus 1945
Tanggal ini adalah tanggal dibacakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno. Tanggal ini juga secara resmi menjadi tanggal kemerdekaan Indonesia.

Bertahun-tahun merdeka, Indonesia belum bisa menjadi negara maju dan hanya menjadi negara berkembang. Berikut demografi Indonesia :
- Jumlah penduduk di Indonesia saat sensus tahun 2010 adalah 237.641.326 juta jiwa, menjadikan negara ini negara dengan penduduk terbanyak ke 4 di dunia. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah sehingga diproyeksikan pada tahun 2015 penduduk Indonesia berjumlah 255 juta jiwa hingga mencapai 305 juta jiwa pada tahun 2035.

Dari segi kependudukan, Indonesia masih menghadapi beberapa masalah besar anatara lain :
1. Penyebaran penduduk tidak merata, sangat padat di Jawa - sangat jarang di Kalimantan dan Irian.
2. Piramida penduduk masih sangat melebar, kelompok balita dan remaja masih sangat besar.
3. Angkatan kerja sangat besar, perkembangan lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah penambahan angkatan kerja setiap tahun.
4. Distribusi kegiatan ekonomi masih belum merata, masih terkonsentrasi di Jakarta dan kota-kota besar di pulau Jawa.
5. Pembangunan infrastruktur masih tertinggal; belum mendapat perhatian serius.
6. Indeks Kesehatan masih rendah; Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi masih tinggi.

Jumlah penduduk di Indonesia hampir sebanyak Amerika Serikat, tapi kenapa Amerika Serikat menjadi negara maju, sedangkan Indonesia tidak? Itu karena Indonesia tidak bisa mengelola SDA dan SDM nya sendiri.

Sumber kekayaan alam di Indonesia :

1. Tambang Emas Kualitas Terbaik di Dunia
Lokasi: Papua, Indonesia
Produksi emas di 2011: 1.444.000 ons atau 40.936 kg
Luas area: 527.400 hektar
Penambang: Freeport-McMoRan Copper & Gold
Jenis tambang: terbuka dan bawah tanah

2. Cadangan Gas Alam Terbesar di Dunia
Cadangan gas alam Indonesia adalah yang terbesar di dunia. Antara lain di Blok Natuna dan Blok Cepu yang menghasilkan sekitar 200 kaki kubik minyak bumi dan gas alam. Tetapi lagi-lagi yang menikmati ini adalah bangsa lain, karena pengelolanya adalah Exxon Mobil. PERTAMINA – Perusahaan milik negara saat ini sudah mulai bersaing di pasar global.

3. Tambang Batu Bara Terbesar di Dunia
Batubara yang juga tak kalah berharganya di dunia ini, ternyata tempat terbesarnya juga berasal dari Indonesia. Dari berbagai media internasional menyebutkan bahwa di Indonesialah yang mempunyai sumber tambang batu bara terbesar di dunia. Kita patut bersyukur potensi sudah dikelola oleh PT. Bukit Asam.

4. Kesuburan Tanah Terbaik di Dunia
Tak ada yang meragukan kualitas tanah negeri kita yang sangat-sangat subur. Hampir semua lahan di negeri kita bisa ditanami tumbuh-tumbuhan apapun. Namun sayang, harusnya kita bisa seperti Filipina yang jadi eksportir beras dunia, dan Malaysia yang menguasai kelapa sawit dunia, atau seperti Swiss dan Brazil yang jadi rajanya coklat dan kopi. Yang terpenting sekarang kita sebagai generasi bangsa harus ikut menjaga anugerah ini. Jangan sampai rusak karena perbuatan yang tidak bertanggung jawab.

5. Lautan Terluas di Dunia
Negara ini punya lautan terluas di dunia, hingga tidak heran memiliki jutaan spesies ikan yang tidak dimiliki negara lain. Indonesia letaknya sangat strategis dijepit oleh dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

6. Hutan Tropis Terbesar di Dunia
Indonesia adalah negara dengan hutan terluas di dunia, bahkan semua negara di dunia menyebut Indonesia adalah paru-paru dunia terbesar. Letaknya di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Bumi ini sangat tergantung sekali dengan hutan tropis untuk menjaga keseimbangan iklim karena hutan hujan amazon tak cukup kuat untuk menyeimbangkan iklim bumi.

7. Tempat Wisata Eksotis Terbesar di Dunia
Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia. Pulau Komodo terletak di sebuah selat antara Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Di Pulau Komodo terdapat kadal terbesar di dunia, yaitu Biawak Komodo (Varanus komodoensis). Pulau ini termasuk salah satu pulau terindah di dunia. Pulau Bali merupakan pulau wisata terbaik di dunia.

8. Jumlah Pulau
Indonesia memiliki jumlah pulau terbanyak di dunia yang menurut kajian citra satelit berjumlah 18.306 pulau, pulau yang sudah diberi nama ada 7.870 sedangkan yang belum diberikan nama berjumlah 9.634 pulau.

9. Bahasa
Lebih dari 583 bahasa yang berada di Indonesia. Tetapi bahasa nasional Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Walaupun Indonesia memiliki banyak bahasa tetapi Bahasa Jawa adalah bahasa yang paling banyak dipakai/digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

10. Negara Maritim Terbesar di Dunia
Kita tahu Indonesia memiliki luas laut 93.000 km2, panjang pantainya pun sekitar 81.000 km2 atau 25 % panjang pantai yang ada di seluruh dunia. Selain itu Indonesia juga memiliki terumbu karang yang sangat banyak dan semuanya indah.

Hal-hal yang bisa menyebabkan kehancuran suatu bangsa adalah masuknya kultur asing. Itu karena dapat mengakibatkan :
1. Perubahan budaya
2. Perubahan pola pikir
3. Perubahan karakter
4. Perubahan gaya hidup

Nah itu tadi wawasan kebangsaan yang dapat saya kutip dari materi AKTIF 2016 (Aktualisasi Kader Teknik Informatika).

0 comments:

Posting Komentar

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top